Tips bertransaksi aman melalui internet banking : BeritaWarga

Libatkan pusat panggilan Panin untuk transaksi yang aman

Bank Panin merupakan  salah satu bank yang selalu mengutamakan keamanan transaksi nasabahnya dan menyediakan Panin Call Centre.   Call center dari Panin siap melayani Anda dengan cepat dan responsif setiap saat.

Semakin tinggi mobilitas transaksi Anda  ,  semakin besar risiko pelanggaran keamanan akun. Bukan rahasia lagi bahwa banyak penjahat sekarang dapat merampok  saldo akun   Anda  ketika keamanan saksi tidak dijamin.

Semakin canggih teknologinya, semakin canggih kejahatan di dunia ini. Penjahat dunia maya telah mencuri saldo akun mereka tanpa sepengetahuan banyak orang. Ini jelas sesuatu yang tidak ingin dialami siapa pun. Namun, bagi pelanggan Panin, keamanan transaksi mereka terjamin.

Bahkan jika terjadi sesuatu yang tidak disukai penggunanya dengan  layanan pusat panggilan Panin,  semuanya dikelola sebaik mungkin.   Bagi Anda yang belum mengetahui layanan call center dari bank ini, hal ini akan kami perkenalkan kepada Anda.

Layanan Call Centre Panin Bank

Seperti call center yang dimiliki oleh bank lain, call center Panin Bank juga melayani semua kebutuhan nasabah. Dari layanan pengaduan ketika ada masalah dalam sistem, keluhan tentang hilangnya ATM atau kartu kredit, permintaan untuk menutup rekening bank atau ATM, dll.

500678 dapat menghubungi call center bank melalui nomor (PSTN), 021-2515555 (IDD), atau 60678 (handphone). Ketiga nomor ini dapat disesuaikan dengan menghubungi mereka menggunakan telepon rumah atau ponsel.

Tips menghindari penipuan melalui ATM

Selama ini banyak kasus kecurangan dengan pengguna ATM yang tidak bisa dipungkiri. Banyak penipuan ini terjadi karena pelanggan banyak ditipu dengan iming-iming uang tunai yang ditawarkan oleh penipu.

Namun, yang pertama adalah pertama-tama meminta pelanggan untuk mentransfer jumlah tertentu. Setelah itu, penipu itu melarikan diri tanpa jejak. Masih banyak modus penipuan lainnya yang perlu Anda  ketahui.  Bagi Anda yang tidak ingin jatuh ke dalam perangkap, Panin Bank memiliki tips untuk mencegahnya.

  1. Abaikan sapuan mengambil SMS

Metode penipuan yang paling umum di masyarakat dimulai dengan pesan kecil yang berisi undian tunai. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengirim jumlah tertentu kepada orang yang mengirim SMS  .

Jika Anda telah menerima SMS seperti itu, disarankan untuk mengabaikannya karena, Anda dapat yakin bahwa itu adalah penipuan atau Anda  bahkan dapat menghubungi pusat panggilan Panin.

  1. Penggunaan ATM

Kejadian menelan ATM cukup umum, namun ternyata beberapa orang menggunakan kasus tersebut untuk menginisiasi niat jahatnya. Ketika Anda mengalami kejadian seperti itu,  Anda  harus tahu kapan seseorang  maju untuk membantu mereka menghubungi  pusat panggilan Panin melalui ponsel mereka.

Disarankan agar Anda menghubungi call center melalui ponsel Anda sendiri untuk menanyakan tentang pemblokiran kartu dan memberikan informasi tentang lokasi mesin ATM.

  1. Benda mencurigakan di mesin ATM

Sebelum melakukan transaksi di mesin ATM, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa tidak ada benda aneh di sekitar mesin, terutama di bagian card reader.  Hubungi call centre ketika ditemukan benda-benda aneh di sekitar ATM .

Ini karena kebanyakan orang sengaja menyimpan perangkat pemblokir kartu. Jadi, saldo  ATM  Anda akan otomatis beralih ke saldo pelaku.

Tips bertransaksi menggunakan mobile banking

Penggunaan mobile banking kini sangat luas dan semakin hari semakin meningkat. Hal ini dikarenakan kemudahan yang didapat dari m-banking sangat membantu dalam segala macam transaksi. Sama seperti ATM, mobile banking juga tidak luput dari ancaman keamanan.

Namun, Panin Bank memiliki tips untuk mengamankan transaksi menggunakan m-banking, seperti:

  1. Aplikasi m-banking sedang diunduh dari sumber resmi Bank Panin.

Anda dapat mengunduh melalui playstore atau app store, tetapi perhatikan bahwa perusahaan pengembang harus dari Bank Panin. Jika tidak berasal dari bank panin, Anda tidak akan mencoba menggunakannya karena kecurangan bisa sangat berbahaya.

Tetapi jika Anda sudah mengunduhnya,   Anda dapat menghubungi   pusat  panggilan PAN untuk memblokir akun Anda sesegera mungkin.

  1. Menggunakan jaringan internet yang aman

Ketika anda ingin membuka aplikasi m-banking, sangat disarankan untuk menggunakan jaringan internet pribadi dan memiliki sistem keamanan yang kuat karena jika anda tidak melakukannya, akun  anda kemungkinan besar akan diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.   Oleh karena itu, penggunaan Wi-Fi publik dapat sangat mengecewakan.

  1. Ganti PIN Anda secara berkala

Untuk memperkuat keamanan rekening m-banking Anda, disarankan agar Anda mengganti PIN Anda secara teratur. Sebab, seseorang mungkin sudah menebak pin tersebut dan melakukan hal yang berbahaya.

  1. Hubungi pusat panggilan saat Anda kehilangan telepon

Karena akun m-banking Anda memiliki panggilan telepon, Anda perlu menghubungi pusat panggilan untuk memblokir akun m-banking.

Kiat aman dari pishing

Kejahatan pishing adalah kutukan yang mengerikan bagi pelanggan. Pasalnya, pelaku mengambil semua data akun pribadi kita. Beralih dari ID ke PIN untuk memulihkan saldo akun Anda.

Pelaku dapat melakukannya dengan membuat website yang menyerupai website asli bank tujuan. Terkadang, tampilan web semacam itu tidak dapat dipisahkan secara sekilas. Banyak orang yang tertipu.  Berikut adalah tips untuk mencegah  Anda mengalami pembajakan.

  1. Selalu masukkan alamat resmi bank. Meski memiliki tampilan yang mirip, jika dilihat dari alamat situsnya pasti berbeda. Untuk nasabah Bank Panin, pastikan situs yang Anda masukkan www.panin.co.id.
  2. Jangan beri tahu siapa pun tentang ID dan PIN Anda. Kedua hal ini sepenuhnya milik Anda dan rahasia.
  3. Jika Anda mengalami pishing, segera  hubungi call center Panin .
  4. Jangan klik tautan yang berisi undian dan penipuan lainnya.

Tips bertransaksi aman melalui internet banking

Selain ATM dan mobile banking, internet banking juga menjadi sangat populer dan memiliki banyak pengguna. Jenis transaksi ini memiliki ancaman yang sama dengan jenis transaksi lainnya. Namun, semuanya bisa dihindari dengan melakukan tips transaksi berikut ini.

  1. Mengakses situs web resmi Panin adalah kunci keamanan terpenting saat akan bertransaksi.
  2. Saat mengakses situs, pastikan browser  Anda melakukan enkripsi SSL, yang terdeteksi oleh gembok yang muncul di bilah di atas. Jika tidak ada gambar gembok, Anda harus segera keluar karena kemungkinan akan meretas akun perbankan Anda.
  3. Sebelum login, anda memang perlu mencari tahu apakah situs yang anda daftarkan sudah benar dan buka situs kloning tersebut.
  4. Menggunakan firewall sebagai pengaman komputer dari gangguan hacker atau cyber crime.
  5. Jangan menunjukkan atau memberi tahu orang lain tanda pengenal dan PIN Anda, bahkan kepada orang terdekat Anda.
  6. Instal antivirus untuk mengesampingkan kemungkinan peretasan atau kerusakan sistem akibat virus. Hubungi call center Panin ketika Anda sudah  terpapar virus.

Keamanan dari segala macam transaksi tentu sangat penting dan harus ada jaminan dari pihak bank. Oleh karena itu, Panin  Bank selalu tersedia melalui layanan call center Panin untuk membantu Anda.

Read More :